LEUKEMIA LIMFOSITIK AKUT PDF

admin

Acute lymphoblastic leukemia (ALL) is a malignant (clonal) disease of the bone marrow in which early lymphoid precursors proliferate and. menjadi: Leukemia limfositik kronik/LLK (mengenai orang berusia lebih leukemia limfositik akut/LLA (mengenai anak-anak, tetapi dapat juga. p>Cancer is not a contagious disease but can cause death, especially in children . Cancer that primarily affects children is leukemia with the.

Author: Yozshushicage Sazil
Country: Uzbekistan
Language: English (Spanish)
Genre: Spiritual
Published (Last): 13 March 2006
Pages: 284
PDF File Size: 7.86 Mb
ePub File Size: 6.13 Mb
ISBN: 318-7-28742-876-2
Downloads: 28775
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Yoshura

Oimfositik dari itu, ada insiden yang meningkat pada beberapa penyakit herediter, khususnya sindroma Down dimana leukemia terjadi dengan peningkatan fekuensi kali lipatanemia Fanconi, sindroma Bloom dan ataksia-talangiektasia.

Pada limfoblas L1 umumnya kecil, dengan sedikit sitoplasma, pada sel L2 lebih besar, dan pleomorfik dengan sitoplasma lebih banyak, bentuk irregular, dan nukleoli nyata, dan sel L3 mempunyai kromatin inti homogen dan berbintik halus, nukleoli jelas, dan sitoplasma biru tua dengan vakuolisasi nyata.

Leukemia dibagi menjadi akut dan kronik.

makalah leukemia limfositik akut (LLA)

Gejalanya antara lain kulit pucat, demam, batuk, mudah memar atau berdarah, kesulitan bernapas limrositik terlalu banyak sel darah putih di paru-parudan limpa atau kelenjar getah bening yang membesar. Dari penelitian yang dilakukan di RS Dr.

Perkembangan LLA, seperti halnya keganasan hematologi lainnya, dipercayai leukemla proses transformasi yang terjadi pada suatu sel progenitor yang mempunyai kemampuan untuk melakukan ekspansi klonal yang tidak terbatas. Basic Principles and Practice 3rd ed. Sekitar 3 dari 4 kasus leukemia pada anak adalah Leukemia limfositik akut atau ALL.

makalah leukemia limfositik akut (LLA)

CML bermula dari berkembangnya sel-sel darah abnormal yang kemudian akan bertambah dan mengalahkan jumlah sel darah putih sehat.

Pada leukemia, beberapa sel darah putih yang masih baru gagal matang dengan benar.

Kortikosteroid prednisone, kortison, deksametason, dsb. Pengobatan seluruhnya dihentikan setelah 3 tahun remisi terus menerus.

Leukemia adalah jenis kanker yang paling umum diderita anak-anak. Golongan penyakit ini cenderung tumbuh lebih lambat daripada leukemia akut, tetapi juga lebih sulit disembuhkan.

  EZOPEN BULA PDF

Pada saat terjadinya penyakit apakah ada reaksi alergi dan riwayat penyakit lain yang pernah diderita sebelumnya.

Penelitian ini juga penting sebagai langkah awal untuk melanjutkan penelitian terhadap faktor penyebab sehingga dapat menentukan tindakan preventifnya.

ReinduksiDiberikan tiap 3 bulan sejak VCR terakhir. Hal ini mengindikasikan bahwa anak tersebut kemungkinan menderita ITP yang diinduksi obat. Komplikasi dari leukemia dan terapinya dapat berupa sindrom tumor lisis hiperfosfatemia berat, hiperkalemia, hiperurikemia, dan hipokalsemia setelah kemoterapi intensifgagal ginjal, sepsis, pendarahan, thrombosis, tiflitis inflamasi di daerah sekumneuropati, ensefalopati, kejang, keganasan sekunder, pertumbuhan terbantut akibat radiasi kraniospinaldefisiensi hormon pertumbuhan, serta defek kognitif.

Leukemia merupakan suatu penyakit yang dikenal dengan adanya proliferasi neoplastik dari sel-sel amut hemopoetik, yang terjadi sebagai akibat mutasi somatik sel bakal stem cell yang akan membentuk suatu klon sel leukemia.

Prognosis Leukemia Mieloblastik Akut Documents. Terdapat insiden leukemia tinggi pada leukfmia yang tetap hidup setelah bom atom di Jepang, pada pasien ankylosing spondylitis yang telah menerima penyinaran spinal dan pada anak-anak yang ibunya menerima sinar X abdomen selama hamil. Imunotipe ini mempunyai implikasi prognostik maupun terapeutik.

Ini jenis-jenis leukemia yang mungkin menyerang anak

Sebagian dari anak tersebut merupakan populasi berisiko terkena leukemia. Klasifikasi LLA bergantung kepada kombinasi gambaran sitologik, imunologik dan kariotip. Padahal, informasi ini sangat penting agar masyarakat mengerti dan peduli aware terhadap tingginya angka kejadian leukemia pada anak dibandingkan dengan jenis kanker lain.

AML bermula dari sel-sel myeloid yang membentuk sel-sel darah putih selain limfosit akuh, sel darah merah, atau trombosit. Ada yang Mules Perutnya. Garis ini diteruskan kebawah sehingga memotong lipat paha.

Tidak hanya angka morbiditas, angka mortalitas leukemia juga dilaporkan di Amerika. Karena itu, tidak ada sistem pembagian stadium untuk LLA. Status perkembangan pasien perlu untuk mengetahui tahapan perkembangan anak.

However, the length of life of the patients is often not accompanied by the better quality of life due to chemotherapy side effects towards patients’ physical and psychosocial conditions. Dosis 0,6 ml intrakutan, diberikan pada leukemla tempat masing masing 0,2 ml.

  GEOACCESS COM PDF

Penuntun Patologi Klinik Hematologi. Penelitian pada tahun menunjukkan pasien yang menerima radiasi SSP dosis tinggi dan terapi metrotreksat mempunyai risiko tinggi terhadap gangguan emosi jika dibandingkan dengan pasien yang tidak diterapi dengan radiasi.

Ini jenis-jenis leukemia yang mungkin menyerang anak |

Facebook Twitter Instagram Youtube Plus. Selain itu, sifat keluhan; keluhan bersifat menetap atau menjalar, berat ringannya keluhan dan perkembangannya. Leukemia, kanker yang paling banyak menyerang anak-anak! Dengan antibodi monoklonal yang mengenali antigen permukaan sel yang terkait dengan galur sel dan antigen sitoplasma, maka imunotipe dapat ditentukan pada kebanyakan kasus. Pada pemberian obat obatan ini leukemi terdapat akibat samping berupa alopesia, stomatitis, leucopenia, infeksi sekunder atau kandidiasis.

Anak-anak penderita leukemia jenis ini biasanya dirawat dengan metode pengobatan untuk ALL, karena pada umumnya metode pengobatan ini yang memberikan hasil paling baik bagi si pasien. Pemeriksaan sumsum tulang dan sediaan darah tepi harus dilakukan untuk memastikan apakah pasien menderita leukemia limfositik akut atau leukemia mielositik akut.

Sel darah dan trombosit diproduksi di sumsum tulang. Sementara, apa yang menjadi faktor risiko dapat diketahui dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, diantaranya adalah penggunaan pestisida, medan listrik, riwayat keguguran pada ibu, radiasi, bahan kimia benzenevirus, kelainan genetik, ibu yang umurnya relatif tua saat melahirkan, ibu yang merokok saat hamil, konsumsi alkohol saat hamil, penggunaan marijuana saat hamil, medan magnet, pekerjaan orang tua, berat lahir, urutan lahir, radiasi prenatal dan post-natal, vitamin K, serta diet.

Gambaran sitologik sel induk amat bervariasi, walaupun dalam satu cuplikan tunggal, sehingga tidak ada klasifikasi morfologik yang memuaskan. Secara keseluruhan, leukemia dibagi menjadi:

Subscribe US Now